UPH College Art Pathway Exhibition 2021



UPH College Art Pathway Exhibition 2021 diselenggarakan secara virtual pada tanggal 22 – 26 Maret 2021. Di tengah pandemi Covid-19, siswa/i Art Pathway UPH College tetap bersemangat untuk menggelar pameran hasil karya mereka. Walaupun dilakukan secara virtual, penikmat seni yang hadir tetap dapat menyaksikan pameran dan mendiskusikan secara langsung dengan setiap artis melalui Zoom. Selain itu, video pameran ini juga dapat ditemukan pada Website dan Youtube channel UPH College yang dapat diakses oleh masyarakat luas.


Pada pameran kali ini, terdapat 15 karya seni visual yang ditunjukkan oleh 15 orang artis yang tak lain adalah siswa/i kelas 12 program Art Pathway UPH College. Mereka menampilkan karya seni dalam berbagai bidang antara lain Desain Komunikasi Visual, Animasi, Arsitektur, dan Desain Interior. Program Art Pathway UPH College, program khusus bagi siswa/i kelas 11 dan 12 UPH College yang bertalenta di bidang seni, terbukti telah memfasilitasi perkembangan talenta siswa/i di bidang seni yang tampak dari karya-karya yang mereka hasilkan.


Presentasi siswa diluncurkan melalui YouTube Channel UPH College pada hari Senin, 22 Maret 2021. Para pengunjung disuguhkan presentasi siswa secara menyeluruh, mulai dari latar belakang, tujuan perancangan desain, penggunaan logo/warna, konsep tipografi, hingga proses kreatif dari setiap karya. Tidak hanya itu, pengunjung juga diberikan kesempatan untuk dapat secara langsung berinteraksi dengan para artis. Perbincangan dan diskusi berkenaan dengan hasil karya dilakukan secara virtual melalui Zoom yang dibuka dari Selasa, 23 Maret – Jumat, 26 Maret 2021.


Gerardeus Firstov Yesaya Widjaya adalah salah satu artis yang menghasilkan karya dengan judul “Perancangan Desain Bangunan untuk Solusi Perumahan Kumuh di Jakarta”. Gerardeus menjelaskan konsep desainnya adalah merancang perumahan kumuh yang layak, asri, dan nyaman dengan mempertimbangkan metodologi desain seperti perabotan, lantai, tembok dan pencahayaan. Di akhir penjelasan, Gerardeus menampilkan video behind the scene yang memaparkan proses pembuatan sketsa yang ia rancangkan. Pada video tersebut, tampak bahwa Gerardeus melakukan proses pembuatan maket, dan sketching mencakup sketsa denah, eksterior, interior, 2D view, elevation view dan 3D view.